PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

Authors

  • Ni Made Martina Dewi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ketut Suwija Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Model pembelajaran TTW, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan modelpembelajaran TTW di kelas VIII A SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dengan melibatkan 46 siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai 2 siklus dengan setiapsiklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajarsiswa dan data prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasisedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes. Hasil analisis data penelitianmenunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 11,825 dengan kategori cukupaktif dan pada siklus II sebesar 14,12 dengan kategori aktif. Hasil analisis data prestasi belajar siswamenunjukkan rata-rata nilai prestasi belajar siswa, ketuntasan belajar, dan daya serap pada siklus I berturutturutsebesar71,20;50,00%;71,20%danpadasiklusIIberturut-turutsebesar72,87;78,26%;72,87%.InijugamenunjukkanbahwamodelpembelajaranTTWdapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.

Downloads

Published

2020-07-01