ANALISIS HOTS MAHASISWA DALAM KONSEP STATISTIKA MELALUI TIGA TAHAPAN METAPHORICAL THINKING

Authors

  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

HOTS, Methaporical Thinking, Statistika, Analisis Deskriptif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis High Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa padamateri statistika menggunakan tiga tahapan metaporical thinking. Materi statistika merupakan materimatematika yang sangat realistis dan aplikatif namun sering dianggap sebagai materi dengan karakteristikpenghapalan rumus tanpa mmemerlukan aspek berpikir matematis tingkat tinggi yang erat kaitannya dengantiga tahapan metaphorical thinking. Tiga tahapan metaphorical thinking tersebut antara lain: (1) Groundingmethapors (memahami/dasar), (2) Linking methapors (menghubungkan), (3) Redefinitional methaporsmendefinisikan kembali). Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2019. Subjek dalam penelitian iniadalah 20 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar.Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap HOTS siswa berdasarkan prinsip metaphoricalthinking. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa kemampuan HOTS siswa yang dilihat dari tahapan metaphorical thinking masih sangatrendah dimana hanya 25% mahasiswa menjawab benar pada tahap grounding metaphors, 40% siswa benardalam tahap linking metaphors, dan hanya 35% siswa menjawab benar pada tahap redefinitional metaphors.Siswa cenderung kebingungan saat diharuskan untuk mengkaitkan konsep statistika dengan fenomena sehari-hari dan menemukan karakteristik dari konsep tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam memahami konsep statistika.

Downloads

Published

2020-07-01