PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI INDONESIA EMAS 2045

Authors

  • I Made Wena Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Higher Order Thingking Skill, Industri 4.0, Generasi Indonesia Emas

Abstract

Pada saat ini kita telah memasuki era baru dalam generasi industri, yaitu era generasi industri ke empat yang disebut dengan revolusi industri 4.0. Ciri khas dari revolusi industri ini adalah banyaknya tenaga manusia yang sudah digantikan oleh robot yang telah dikendalikan oleh sistem cerdas komputer. Demikian juga untuk dunia pendidikan sudah tentu juga mempunyai tantangan tersendiri dalam menyikapi perubahan ini. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dan reformulasi terhadap proses pembelajaran baik dalam pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Saat ini pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan tidak dapat dihindari lagi karena memang sudah menjadi tuntutan proses pembelajaran modern. Guru senantiasa dituntut untuk selalu update terhadap perubahan yang terjadi, sehingga pembelajaran mampu menyiapkan siswa dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Salah satu hal penting yang dapat dilakukan oleh para guru adalah mengembangkan pembelajaran modern yang berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinnking Skill) agar siswa menjadi terbiasa untuk berpikir kritis sehingga mampu mengembangkan kreatifitasnya. Setiap pembelajaran apapun kelomppk ilmunya merupakan sarana penting dalam menumbuhkan kemampuan berpikir yang berorientasi HOTS. Kemampuan berpikit yang berorierntasi HOTS akan memacu perkembangan sumber daya manusia kita untuk mewujudkan generasi Indonesia emas di tahun 2045.

Downloads

Published

2020-07-01