PENGGUNAAN MEDIA VIDEO EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK

Authors

  • Nuril Huda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muyassarah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

video edukatif, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, N-Gain

Abstract

ABSTRACT

The aim of this study is to increase the result of study using educational video in absolute value topic. The type of this study is classroom action reseacrh which has two cycles process. This study does at MAN 2 Jombang in 2021/2022 academic year. The subject of this study is 12 non-dormitory students of X MIPA 3. The data ccollection techniques is using test, questioners, interviews, and observation. The result of this study shows the normalization value of studentresult study in pra-cycle, cycle 1, and cycle 2, is 0,28 (low); 0,35 (medium); 0,77 (high). This study shows using eductional video in studying can increase the student result study.

Keywords: educational videos, student result study, classroom action research, N-Gain

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video edukatif pada materi nilai mutlak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jombang tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa non asrama kelas X MIPA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai normalisasi hasil belajar siswa pada pra-siklus, siklus I, siklus II adalah 0,28 (rendah); 0,35 (sedang); 0,77 (tinggi). Penggunaan video edukatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci:  video edukatif, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, N-Gain

 

References

Biassarri, Icha., dkk. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. 5(4). 2322-2329

Erniasih, Umi., dkk. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun ajar 2017/2018. Indonesian Journal of Historical Education. 6(2). 162-171

Hartati, Puji. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika siswa SMA melalui Pembelajaran Giuded Inquiry. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 3 No. 2. 269-274.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hutauruk, A., & Sidabutar R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Matematika: Kajian Kualitatif Deskriptif. Journal of Mathematic Education and Applied. 2(1). 45-51

Kemmis, S. & R. McTaggart, The Action Research Planner 3rded (Deakin University Press, Victoria, 1988), pp. 5–6.

Khairani, M., dkk. (2019). STUDI META-ANALISIS Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JURNAL BIOLOKUS. 2(1). pp.158-166.

Putri, Ririn Noviyanti. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(II), 705-709.

Wahyuni, T. S & Analita, R.N. 2017. Guided–inquiry laboratory experiments to improve students’ analytical thinking skills. AIP Conference Proceedings. 1-9

Wibowo, Imam S., & Farnisa, Ririn. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 3(2). 181-202.

Downloads

Published

2022-06-01