ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 2 DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Ayu Sudiasih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Wena Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Blended Learning, Analisis Kesiapan, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat

Abstract

ABSTRACT

The objectives of this study were (1) to determine the readiness of SMP Negeri 2 Denpasar in applying the blended learning learning model to mathematics learning, (2) to determine the factors constraining the readiness of SMP Negeri 2 Denpasar in applying the blended learning model to mathematics learning, (3 ) To find out the factors that support the readiness of SMP Negeri 2 Denpasar in applying the blended learning model to mathematics learning. This study used qualitative research methods. The subjects in this study were the principal, mathematics teacher and class VIII students. The instruments used are questionnaires and interview. The results of this study are (1) the readiness of SMP Negeri 2 Denpasar in applying the blended learning model to mathematics learning is included in the category of being ready to continue the application of blended learning. (2) Factors constraining the readiness are limited time, full cell phone memory, and cost constraints to purchase Internet. (3) Factors that support the readiness are adequate facilities and infrastructure, use of appropriate applications and learning models as well as teachers who always help students to re-explain subject matter that is not understood.

 

Keywords: Blended Learning;Readiness Analysis;Supporting factors;Obstacle factor

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesiapan SMP Negeri 2 Denpasar dalam menerapkan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika, (2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala kesiapan SMP Negeri 2 Denpasar dalam menerapkan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika, (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung kesiapan SMP Negeri 2 Denpasar dalam menerapkan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru matematika dan siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesiapan SMP Negeri 2 Denpasar dalam menerapkan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika termasuk dalam kategori siap untuk melanjutkan penerapan blended learning. (2) Faktor yang menjadi kendala kesiapan adalah keterbatasan waktu, memori HP penuh, dan kendala biaya untuk membeli kuota internet. (3) Faktor yang mendukung kesiapan adalah sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan aplikasi dan model pembelajaran yang tepat serta guru yang selalu membantu siswa untuk menjelaskan kembali materi yang kurang dimengerti.

 

Kata Kunci: Blended Learning; Analisis Kesiapan; Faktor Pendukung; Faktor Penghambat

 

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep .2020.000075.1

Anggraini, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Blended learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung. In Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://gudangmakalah.blogspot.com/2012/07/skripsi-pengaruh-pembelajaran-aqidah.html

Dewi, L. G. K., & Sari, L. G. J. M. (2019). Analisis Kesiapan dan Pengetahuan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan EMKM (Studi Kasus Pada Usaha Menengah di Kabupaten Buleleng). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 141–160.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Hadath, M. Al. (2019). Analisis Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Menggunakan Metode Aydin & Tasci Di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Banda Aceh. In FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN (FTK) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM - BANDA ACEH.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Karwono & Mularsih, Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Ibrahim, N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Blended learning Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26, 95–102. https://doi.org/10.21009/pip.262.1

Krismadika, A. P. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID- 19 Di SD IT Al-Huda Wonogiri. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Onta, Alfabeta M. R. 2018. Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Riyanto, S., & Mumtahana, H. A. (2018). Analisis Kesiapan Blended learning Di Lingkungan Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(2), 191–199. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i2.82

Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Ict Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102

Onta, Alfabeta M. R. 2018. Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Suherman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA

Surya, A. (2018). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22–26.

Vergoulis, T., Kanellos, I., Chatzopoulos, S., Karidi, D. P., & Dalamagas, T. (2020). BIP4COVID19: Releasing impact measures for articles relevant to COVID-19. BioRxiv, 1–7. https://doi.org/10.1101/2020.04.11.037093

Widiara, I. K. (2018). Blended learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50–56.

Downloads

Published

2022-06-01