PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI DAN SOLUSI PERSOALAN ALJABAR MENGGUNAKAN GUI MATLAB

Authors

  • Salwa Hidayatullaily Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Arba Dinra Meikantari Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dwi Rizki Muharani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Rabiatul Adawiah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Jihan Khairunnisa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Siti Hilmiyah Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Media Pembelajaran, Aljabar, GUI Matlab

Abstract

ABSTRACT

This research is an interactive learning media development research that can be used to solve algebraic problem solutions. This study aims to develop a GUI Matlab program as a simulation medium and a solutions in solving algebraic problems. The result of the Matlab GUI program that were made are: (1) Graph of Quadratic Functions; (2) Graphs of Trigonometric Function; (3) Function Calculator; (4) Intersection of 2 Graphs; (5) Quadratic Equations and Functions; (6) Calculation of Parabolic Motion. This type of research and development (Research and Development) using the ADDIE research model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data collection method used was in the form of user (student) response questionnaires and media and programing validations sheets. The research subject were 10 students. The research results that can be obtained trough the Matlab GUI application program that has been made are the average value of the validation assessment results, which is 78,665 in the “valid”category, while the average for the field test results assessment is 83,375 with the “very good” category.

 

Keywords: Learning Media; Algebra; Matlab GUI

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif  yang dapat digunakan untuk menyelesaikan solusi persoalan aljabar. Penelitian  ini bertujuan  untuk mengembangkan program GUI Matlab sebagai media simulasi dan solusi dalam menyelesaikan persoalan aljabar. Adapun beberapa hasil pengembangan program GUI Matlab yang dibuat yaitu: (1) Grafik Fungsi Kuadrat; (2) Grafik Fungsi Trigonometri; (3) Kalkulator Fungsi; (4) Titik Potong 2 Grafik; (5) Persamaan dan Fungsi Kuadrat; (6) Perhitungan Gerak Parabola. Jenis penelittian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Depelopment, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon pengguna (mahasiswa)  serta lembar validasi media dan pemrograman. Subyek penelitian berjumlah 10 orang mahasiswa. Hasil penelitian yang bisa didapatkan melalui program aplikasi GUI Matlab yang telah dibuat adalah rerata nilai hasil penilaian  validasi yakni 78,665 dengan kategori “valid” sedangkan rerata untuk penilaian hasil uji lapangan yakni 85,375 dengan kategori “sangat baik”

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran; Aljabar;  GUI Matlab

References

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.511

Sibuea, M. F. L., & Sinaga, H. D. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Aljabar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 6(2), 9–13.

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294

Jabali, S. G., Supriyono, S., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.185-198

Suraningsih, E., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Lirik Lagu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 69–77.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2021). Matematika Realistik Berbasis Android Pada Materi Aljabar Gita. Journal of Mathematics Education, 2, 25–34.

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Romlah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal On Education, 01(02), 37–46.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Dewi, A., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Alper Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Salatiga. 5(1), 147–157.

Downloads

Published

2022-06-01