GUI MATLAB LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG: SEBUAH ALAT HITUNG SEDERHANA

Authors

  • Hani Yupita Salwa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Windi Diska Putri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Pizatul Islamiyah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Shielda Syakina Universitas Islam Negeri Mataram
  • Malik Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama NTB

Keywords:

Luas permukaan, Sisi lengkung, GUI Matlab, Geometry, Pemerograman

Abstract

ABSTRACT

This study aims to identify and describe programming using the Matlab GUI in the field of geometry and to find out the completing the calculation of the surface area and volume of curved side spaces. The calculation of the surface area and volume of curved side space can be made in the form of a computer application program, where the program has the advantage of being faster in completing calculations. The method used in this journal is a development model that uses a descriptive procedural model. The flow in making this journal begins with: (1) Literature study, (2) Title submission, (3) Data collection, (4) Program development, (5) Program verification, and ends with (4). Validation and field testing. Based on the results of the development, it was obtained: (1) In program verification, and the results of the MATLAB GUI calculations were compared with the results of manual calculations. With in average validation of 62,37% and result of the field test students giving a reaspon of 63,3% where both are in the good category.

Keywords: Surface area; Curved side; Matlab GUI ; Geometry; Programming

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pemrograman menggunakan GUI Matlab dalam bidang geometri serta untuk mengetahui hasil program dalam menyelesaikan perhitungan luas permukaan dan volume ruang sisi lengkung. Perhitungan luas permukaan dan volume ruang sisi lengkung dapat dibuat dalam bentuk program aplikasi komputer, dimana program tersebut memiliki keunggulan lebih cepat dalam menyelesaikan perhitungan. Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah model pengembangan yang menggunakan model deskriptif prosedural. Alur dalam pembuatan jurnal ini diawali dengan: (1) Studi literatur, (2) Penyerahan judul, (3) Pengumpulan data, (4) Pengembangan program, (5) Verifikasi program, dan diakhiri dengan (4). Validasi dan uji lapangan Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh: (1) Pada verifikasi program, dan hasil perhitungan GUI MATLAB dibandingkan dengan hasil perhitungan manual. Dengan rata-rata hasil validasi  yaitu 62,37 % dan hasill uji lapangan mahasiswa memberikan respon 63,3% dimana keduanya berada pada kategori baik.

Kata Kunci: Luas permukaan; Sisi lengkung; GUI Matlab; Geometry; Pemerograman.

References

Adi Sucipto, A., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Gui Matlab Pada Pokok Bahasan Modulasi Analog Dan Digital Kelas Xi Tav Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 487–492.

Ali, M. (2004). Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol Pid Dengan Software Matlab. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 2.

Aplikasi, M., & Matlab, G. U. I. (2018). 1* , 2. 4(4), 1–5.

Apriansyah, M. H. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Matrix Laboratory (Matlab) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3, 10–20.

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302. www.geogebra.com.

Clements, D. H., Sarama, J. (2009). Title: Learning Trajectories in early mathematics- Sequences of acquisition and teaching. Encyclopedia on Early Childhood Development, 1–6. http://literacyencyclopedia.ca/pdf/topic.php?/topld+270%

Fauzi, A. H. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri Bangun Ruang Ditinjau Dari Persepsi Guru. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 17–23.

Hadiyanto, F. R., & Wulandari, N. P. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Geometri Dengan Newman’s Procedure. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 1(2), 81. https://doi.org/10.29303/mandalika.v1i2.1512

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(2), 184–207.

Downloads

Published

2022-06-01