PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA PADA TOPIK KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII

Authors

  • I Gede Arya Sumerta Naya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Media Pembelajaran, GeoGebra, Kubus, Balok

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to develop GeoGebra the learning media on the topic of cubes and cuboids for 8th grade students which involving 10 students. This research is development research that use a 3D design which a modification from 4D design by Thiagarajan with a research process namely Define, Design and Develop. The data that collected in this research is material concept understanding data and students’ response about learning media. Concept understanding data were collected by using test method, while teachers and students’ response data was collected by using questionnaire method. The result of the research data analysis showed that: (1) GeoGebra learning media on the topic of cubes and cuboids for 8th grade students was successfully developed based on the assessment of both media and material experts and have 88,8% percentage with “very good” qualifications; (2) GeoGebra learning media on the topic of cubes and cuboids received a “very good” response from teachers and students with 86% as percentage; (3) Based on the result of the evaluation of students’ conceptual understanding in the trial, the percentage of completeness before using learning media was 0% and after using the learning media its becomes 90%.

 

Keywords: Learning Media, GeoGebra, Cubes, Cuboid

 

 ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra pada topik kubus dan balok untuk siswa kelas VIII dengan melibatkan 10 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan desain 3D yang merupakan modifikasi desain 4D oleh Thiagaran dengan proses penelitian yaitu Pendefinisian, Perancangan, dan Pengembangan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data pemahaman konsep materi dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan metode tes, sedangkan data respon guru dan siswa dikumpulkan dengan metode angket. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran GeoGebra pada topik kubus dan balok untuk siswa kelas VIII telah berhasil dikembangkang berdasarkan penilaian kedua ahli media dan ahli materi memiliki persentase sebesar 88,8% dengan kualifikasi “sangat baik”; (2) Media pembelajaran GeoGebra pada topik kubus dan balok mendapat respon “sangat baik” dari guru dan siswa dengan nilai persentase sebesar 86%; (3) Berdasarkan hasil evaluasi pemahaman konsep siswa pada uji coba dengan persentase ketuntasan sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 0% dan setelah menggunakan media pembelajaran menjadi 90%.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, GeoGebra, Kubus, Balok

References

Arcavi, A. (2003). The role of visual representation in the learning of mathematics. Educational Studies in Mathematics, 52(3), 215-241.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewey, J. 2004. Experience and Education Pendidikan Berbasis Pengalaman (terjemahan). Bandung: Penerbit Teraju.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Ed. Rev). Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79.

Jariah, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Materi Proses Pembekuan Darah kelas XI MA Madani. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Maakassar.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelaajran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar (8th ed.). Bandung: Alfabeta.

Ihsan, H. F. (2005). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajar. Salatiga: Diva Press.

Listiyani, I. M. & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80-94.

Ningsih, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematik Berbasis Autograph pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri.

Sumiharsono, R. & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Thronton. S. (2001). A Picture is Worth a Thousand Words. University if Canberra, 251-256.

UNESCO. (2020, April 3). 290 million students out of school due to COVID-19: UNESCO releases first global numbers and mobilizes response. Diunduh dari: https://en.unesco.org/news/290-million-students-out-school-due-covid-19-unesco-releases-first-global-numbers-and-mobilizes

Downloads

Published

2022-06-01