MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII L SMPN 2 KUTA UTARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Authors

  • Putu Christin Mellyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Penelitian Tidakan Kelas (PTK), Prestasi Belajar, Blended Learning

Abstract

ABSTRACT

This research is a Classroom Action Research (CAR) with a qualitative method. This study aims to determine the results of the implementation of the application of the Blended Learning learning method and determine the level of influence of the application of Blended Learning on the VI L grade students of SMPN 2 North Kuta. The subjects of this study were students of class VII L of SMPN 2 North Kuta. Data collection was obtained by using learning outcomes test techniques, interviews and documentation which were then analyzed using student learning outcomes data analysis and learning implementation data analysis. This Classroom Action Research (CAR) was carried out in two cycles, where each cycle consisted of two meetings covering four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The results showed: (1) student learning completeness in the first cycle was 75% with an average value of 77.1, absorption was 77.1% and the data on the implementation of learning in the first cycle was 77.5% with a fairly good category and in the second cycle it was 77.5%. 85.7% with an average value of 85.3 absorption of 85.3% and data on the implementation of learning in the second cycle 86.05% with good categories.

Kata Kunci: Classroom Action Research (CAR), Learning Achievement, Blended Learning

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi penerapan metode pembelajaran Blended Learning dan mengetahui besarnya tingkat pengaruh penerapan Blended Learning pada siswa kelas VI L SMPN 2 Kuta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII L SMPN 2 Kuta Utara. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data hasil belajar siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 75% dengan nilai rata-rata 77,1 daya serap sebesar 77,1% dan data keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 77,5% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II sebesar 85,7% dengan nilai rata-rata 85,3 daya serap sebesar 85,3% dan data keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II 86,05% dengan kategori baik.

 

Kata Kunci: Penelitian Tidakan Kelas (PTK), Prestasi Belajar, Blended Learning

References

Febrianti, Ima. (2021). Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi. FKIP, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi.

[dokumen PDF]. Diakses dari situs: https://repository.unja.ac.id/15958/1/COVER.pdf

Halle, Ricardina Fatimah Natalia. (2019). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Berfikir Kritis, Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAK Kesuma Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Usaha Dan Energi. Skripsi. FKIP, Pendidikkan Fisika, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. [dokumen PDF]. Diakses dari situs: https://repository.usd.ac.id/35722/2/151424002_full.pdf

Hayati, Embun. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Dibelajarkan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Aplikasi Google Meet Berbantuan Whatsapp. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Husanah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-Learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka

Krisnan. 2021. 5 Pengertian Blended Learning Menurut Pendapat Para Ahli. (https://meenta.net/pengertian-blended-learning/). Diakses pada 8 September 2021.

Kurniawan, Syafri. (2020). Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemic COVID-19. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 1442H/2020M.

Kurniawati, Meyla. Harja Santanapurba & Elli Kusumawati. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 8-19.

Millatana, M. E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matriks dengan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 76-85 https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.97

Mufidah, Nur Lailatul. Jun Surjanti. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1) https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186

Prawestri, Putu Yulia. I Putu Ade Andre Payadnya. (2021). Penerapan Blended Learning Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.5 SMP WIDIATMIKA. JKPM : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 13(2) https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i2.832

Riadi, Muchlisin. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. (https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html). Diakses pada 10 September 2021.

Roshonah, Adiyati Fathu. Sutihat & Adi Alam. Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta [dokumen PDF]. Diakses dari situs Web Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Wardani, Deklara Nadinya. Anselmus J.E & Agus Wedi. Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Portal Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. [dokumen PDF]. Diakses dari situs: https://core.ac.uk/download/pdf/287323676.pdf

Wicaksono, V.D dan Rachmadyanti, P. 2017. Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Cassroom di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD & HDPGSDI Wilayah Jawa. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widiati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. 6(1). 88-89

Wulansari, E. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Memanfaatkan Google Classroom Pada Materi Vektor dalam Ruang Dimensi Tiga Di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2022-06-01