PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA

Authors

  • I Made Surat Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Komang Sukendra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

problem solving, kemandirian, hasil belajar, pengantar dasar matematika

Abstract

ABSTRACT

 

The basic introductory course in mathematics studies two topics, namely set theory and mathematical logic. This study aims to determine the increase in learning independence and student learning outcomes of mathematics in basic introductory mathematics courses by applying the Problem Solving learning model. This type of research is classroom action research. Action research is designed using two cycles, where each cycle consists of four stages, namely planning, implementing action, observing and reflecting. The research subjects are first semester students of Mathematics Education, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, academic year 2021/2022. The data collection in this study was carried out using the observation method to observe learning independence and the test instrument to determine student learning outcomes in mathematics. In this study, it was analyzed by descriptive analysis method. The results of the analysis show (1) There is an increase in students' mathematics learning independence by applying the Problem Solving learning model. (2) There is an increase in student mathematics learning outcomes with the application of the Problem Solving learning model seen from the pre-cycle, cycle I and cycle II an increase. So the application of the Problem Solving learning model can increase the independence and mathematics learning outcomes of first semester students of Mathematics Education, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia for the 2021/2022 academic year in basic introductory mathematics courses.

Keywords: problem solving, independence, learning outcomes, introduction to basic mathematics

 

 

ABSTRAK

Mata kuliah pengantar dasar matematika mempelajari dua topik yaitu teori himpunan dan logika matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika mahasiswa pada mata kuliah pengantar dasar matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan dirancang dengan menggunakan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester satu Pendidikan Matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun akademik 2021/2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi untuk mengamati kemandirian belajar dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar matematika mahasiswa. Dalam penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan (1) Adanya peningkatan kemandirian belajar matematika mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving. (2) Adanya peningkatan hasil belajar matematika mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dilihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Jadi penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika mahasiswa semester satu Pendidikan Matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun akademik 2021/2022 pada mata kuliah pengantar dasar matematika.

 

Kata Kunci: problem solving, kemandirian, hasil belajar, pengantar dasar matematika

References

Arikunto, S. 2008. Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan Nasional.

Haerudin.2013. Kemandirian Belajar. Bandung: DPBD FPBS UPI

Junirti , Novi Dian dan Ndara Tanggu Renda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 4 Kampung Baru. Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja, Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mariati, Yeni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII MTs. Sullamul Ma’ad Al Ma’rif Penujak Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram

Metta Ariyanto, Firosalia Kristin, dan Indri Anugraheni, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita (JGK). Vol 2 (3) Juni 2018, hlm. 106-115

Novi Dian Juniarti, Ndara Tanggu Renda, 2018. Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 2, Juli 2018

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Ramli Sitorus, 2019. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Medan Estate

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2015. Hasil Belajar Matematika. Rineka Cipta: Jakarta

Suherman. 2011. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA. Universitas Terbuka, Jakarta

Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siti Aminah Nababan, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat.

MAJU, Volume 6 No. 1, Maret 2019 e-ISSN: 2579-4647 , p-ISSN: 2355- 3782

St. Maryam M, Zaid Zainal, Armila, 2021. Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 1, Juni 2019. ISSN: 2622-2329 (Cetak), 2622- 2442 (Online)

Downloads

Published

2022-06-01