PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 DENPASAR

Authors

  • Ni Komang Ayu Rosita Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Media Pembelajaran, Geogebra, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK
This study aims to determine whether there is a positive effect of using geogebra learning media on the learning
achievement of class X students of SMA Negeri 8 Denpasar in the 2021/2022 academic year. This type of research
is a quasi-experimental research design "Post-test Only Control Group". The population of this research is all
class X SMA Negeri 8 Denpasar as many as 12 classes with a total of 589 students. The sample was taken using
the Cluster Random Sampling technique which resulted in two classes as the research sample, namely class X
IPA 1 as the experimental class and class X IPA 4 as the control class. Data analysis used prerequisite test and
hypothesis test. The prerequisite test used a normality test and a homogeneity test, while the hypothesis test used
a one-sided t-test (right side) with a significant level of 5%. The results of the post-test showed that the average
learning achievement of the experimental group was 79.8 and the average learning achievement of the control
group was 75. The results of the research and discussion showed that the use of the geogebra application could
help students' understanding of the material system variables of two linear inequalities so that it led to
achievement. better students. This research shows that the average student learning outcomes using geogebrabased media are higher than conventional learning. The use of geogebra learning media has a positive influence
on the learning achievement of class X students at SMA Negeri 8 Denpasar.
Key Word: Learning Media ;Geogebra ;Learning Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran
geogebra terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian“Post-test Only Control Grup”. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Denpasar sebanyak 12 kelas dengan total siswa 589 orang.
Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel penelitian,
yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis
menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas
sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t-test satu pihak (pihak kanan) dengan taraf signifikan 5%. Hasil posttest menunjukkan rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen adalah 79,8 dan rata-rata prestasi belajar
kelompok kontrol 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi geogebra dapat membantu
pemahaman siswa mengenai materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel sehingga bermuara pada prestasi
siswa yang lebih baik. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan media berbasis geogebra lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional. Penggunaan
media pembelajaran geogebra memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA
Negeri 8 Denpasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran ;Geogebra ;Prestasi Belajar

References

Ainun. 2020. Pengertian Pendidikan: Fungsis,Jenis,Tujuan Menurut Ahli&Umum. Tersedia di https://salamadian.com/pengertian-pendidikan/

Herman, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang

Hohenwarter, M dan Preiner. 2007. Dinamic Mathemtics with GeoGebra. Journal of Online mathematics and its Apllication. Mathematical Association of America.

Hohenwarter, M. and Jones, K. 2007. Ways of linking geometry and algebra: the case of Geogebra. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 27, (3), 126-131.

Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas , (Online) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Khoiriyah, S., & Pitaloka, DA. 2019. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 2, hlm. 211-214).

Downloads

Published

2022-06-01