PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BAHA KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG DALAM BIDANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

  • I Ketut Widnyana Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • IGN Wiswasta Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Desa Baha memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan menjadi sebuah daya tarik wisata. Berikut merupakan penjabaran dari potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Baha, yaitu: Hamparan sawah (Subak) terdiri dari Subak Lupud dan Subak Bulan, Hamparan Perkebunan, Pemandangan alam (gunung, bukit, dan sawah), Sungai dan Goa (Goa Perjuangan), Mata air dan Pura Beji (wisata tirta), Kondisi lingkungan desa yang rapi, Pohon Ancak sebagai salah satu landmark, Cadangan lahan untuk pembangunan. Selanjutnya, tingkat pendidikan dari sumber daya manusia di Desa Baha tergolong rendah. Selain itu, masyarakat pada kawasan masih kurang dapat menangkap potensi desanya yang dapat dikembangkan sebagai desa wisata. Maka perlu sebuah strategi pengembangan dan pemberdayaan di Desa Baha dalam rangka mewujudkan Desa Baha sebagai Desa Wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra I.N.D. 2013. Localizing the Global and Globalizing the Local: Opportunities and Challenges in Bali Island Tourism Development. Jurnal kajian Bali, 3(3), 119-136.

Widana, I.B.G.A. 2008. Potensi Ekowisata dan Pengembangannya: Kajian Implementasi Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Baha, Badung. Jurnal Kepariwisataan,7(1), 19-27.
Published
2019-05-05
How to Cite
Widnyana, I. K., & Wiswasta, I. (2019). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BAHA KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG DALAM BIDANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA. Jurnal Abdi Saraswati, 1(1), 18-24. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JAS/article/view/280